Jepang

Menikmati Sore di Pulau Buatan Odaiba.

menikmati-sore-di-odaiba

Jika kamu mengunjungi Tokyo, sempatkanlah mampir ke Odaiba barang setengah hari. Odaiba adalah pulau buatan yang terletak di sebelah timur Tokyo. Sama dengan namanya, Daiba yang berarti benteng, Odaiba awalnya dibangun sebagai pusat pertahanan dan perdagangan kota Tokyo pada tahun 1853. Seiring dengan perkembangan jaman, Odaiba terus direklamasi dan dibangun bangunan baru. Salah satunya untuk bisnis dan rekreasi.

Akses dari Tokyo ke Odaiba cukup mudah. Via kereta, coba mengarah ke stasiun Shimbashi (Yurikamome Line), dan langsung ambil tujuan Daiba. Jika kamu dari Asakusa, bisa mencoba water bus yang langsung menuju Odaiba Seaside Park.

Yurikamone Line Daiba
Jalur Kereta ke Odaiba | Sumber : odakyu.jp

Ada berbagai macam destinasi menarik yang bisa kamu kunjungi di Odaiba. Saya akan tulis beberapa tempat menarik yang berhasil terkunjungi sewaktu di Odaiba.

Stasiun Televisi FUJI TV

Ups, bocoran dikit nih ye… Sebagai insan pertelevisian atau karyawan yang bekerja di salah satu stasiun televisi swasta, ada rasa penasaran untuk berkunjung ke stasiun TV negara lain. Tokyo sendiri terdapat 3 stasiun televisi besar yaitu, NHK, Fuji TV, dan Asahi TV. Wishlist sih emang pengen main ketiga tempat tersebut, namun sayang waktu juga yang tidak mengijinkan.

Eh, emang bisa ya blusukan ke stasiun televisi? Bisa dong… uniknya setiap stasiun televisi di Tokyo memiliki program tour perorangan ke dalam stasiun televisi tersebut. Ya contohnya Fuji TV ini, yang terkenal dengan serial anime seperti One Piece, Chibi Maruko-chan dan Dragon Ball.

Seketika sampai di stasiun Daiba, saya langsung menuju pintu keluar dan membaca peta area Odaiba. Agak sedikit pusing sih, untungnya ada bapak-bapak yang berdiri siap untuk memberi pencerahan kepada turis yang kebingungan seperti saya. Cukup berkata “Fuji TV”, lalu bapak tersebut menunjukkan jari ke arah peta beserta jalan mana yang harus saya tempuh. Cukup mencerahkan, hehehe. Jangan lupa bilang terima kasih ya.. Arrigatou 🙂

FujiTV-1
Gedung Fuji TV yang futuristik, dengan ikon bola besi di atasnya.

Jalan-jalan bentar, akhirnya sampailah di depan Fuji TV. Ada loket tiket yang dijaga oleh gadis Jepang yang sudah teruji ke-lucuannya. Ohya, untuk mengunjungi Fuji TV, kamu dikenakan biaya sebesar ¥550 dengan bonus pamflet berisi informasi rute visit Fuji TV.

Tiket sudah di tangan, saya dipersilahkan untuk naik eskalator berkanopi. Lalu dilanjut dengan naik lift menuju lantai 25F yaitu ‘Hachitama’ Spherical Observation Room. Seperti namanya, ruangan ini berbentuk bulat dan menyajikan pemandangan Odaiba dari ketinggian secara 180 derajat. Ditengahnya terdapat pula instalasi lampu yang memang dikhususkan untuk shooting acara televisi. Jadi ruangan ini multifungsi juga, jika sedang tidak untuk shooting bisa digunakan pengunjung untuk sightseeing.

FujiTV-2
Suasana di dalam Hachitama, ruangan yang bulat tadi itu lho.
FujiTV-3
Set lighting untuk shooting acara Fuji TV.

Puas melihat Odaiba dari ketinggian, saya lanjut menyusuri ruangan-ruangan sesuai dengan informasi yang ada di pamflet. Cukup menarik juga, saya berkesempatan untuk melihat beberapa ‘dapur’ studio Fuji TV. Tapi sayang, waktu saya kesana belum ada kegiatan shooting live yang biasanya diadakan di halaman sekitar Fuji TV. Gak kesampaian jadi penonton bayaran deh…

FujiTV-4
Karyawan sedang membangun set untuk acara Fuji TV.
Rainbow Bridge Odaiba
Pemandangan Odaiba dari Observation Room Fuji TV.
Daiba Feris Wheel
Feris Wheel Odaiba

2. Diver City Plaza

Waktu di atas observation room, saya sempat melihat taman dengan  patung Liberty yang ramai dikunjungi. Nah, itu yang menjadi tujuan saya selanjutnya. Keluar dari area Fuji TV, saya berjalan menuju lokasi patung Liberty tersebut. Dalam perjalanan hati saya bertanya, ‘lho kok orang ini banyak pada belok sini ya, padahal patung Liberty-nya masih di depan’. Walah ternyata ada Gundam yang segede Gaban, jadi orang-orang pada ingin foto bersama doi. Saya pikir Gundam yang segede itu adanya di Akibahara, dekat cafe Gundam, ternyata lokasinya disini.

Gundam Diver City Tokyo
Ini to, yang bikin banyak orang ingin foto bareng.

Maklum, sebagai yang bukan pecinta Gundam, saya agak kurang informasi soal dunia per-Gundam-an. Pastinya waktu itu di depan Diver City sedang ada Gundam berwarna putih polos dari atas sampai bawah. Gundam tersebut dijuluki Unicorn. Tapi sayang, lokasi Gundam ditutupi dengan seng memutar. Sedang ada perbaikan di tubuh robot putih tersebut. Nampak beberapa teknisi dengan eskavator naik turun benerin mur dan baut yang lepas. Kayaknya habis perang deh Gundam yang ini. Ikutan foto-foto saja lah.

Gundam Diver City Tokyo
Bagi saya yang bukan Gundam lovers, lebih suka versi yang ini deh. Putih kinclong.

Dikarenakan antrian yang mengular dan waktu sudah mendekati sore hari, saya memutuskan untuk tidak berfoto dengan latar belakang Gundam. Sayang sekali.

Odaiba Seaside Park

Akhirnya ketemu juga denga patung Liberty KW. Pas juga waktu menunjukkan pukul 5 lebih. Jadi saya memutuskan untuk duduk-duduk santai di taman tepian pantai, sambil ditemani sekaleng kopi dingin fresh from vending machine. Angin sore itu berhembus lumayan kencang, ya namanya juga di pinggir pantai. Untung pas musim panas, jadi agak-agak anget gitu deh.

Taman Daiba-2
Patung Liberty KW, gini-gini banyak yang antri foto bareng juga.

Sekarang yang menjadi pertanyaan, kenapa ada patung Liberty disini? Saya kira itu cuma bisa-bisanya orang sini aja untuk menjadikan penarik perhatian. Ternyata saya salah, patung Liberty ini juga hadiah dari Prancis lho. Sama kayak patung aslinya di Amerika sana. Patung Liberty ini sebagai tanda persahabatan dan kerjasama antar kedua negara Prancis dan Jepang.

Taman Daiba-1
Spot yang cocok buat jalan-jalan dan pacaran sore-sore.

Sebetulnya masih ingin lanjut menikmati malam di Odaiba. Tapi sial, powerbank saya keburu habis. Begitu pula baterai cadangan kamera yang tertinggal di hotel. Akhirnya saya memutuskan untuk kembali ke Asakusa di penghujung senja. Setelah beberapa lama, saya rindu akan tempat ini. Semoga bisa diberi kesempatan untuk berpetualang lebih jauh lagi. Amin..

Taman Daiba-3
Tidak ada yang lebih indah ketika berdua menunggu senja bersama kamu. Aihhh.

Ternyata banyak juga ya spot foto di Odaiba, dan tentunya masih banyak lagi yang lain. Giliran kamu share tempat-tempat asik di Odaiba juga sekitar Tokyo yang lainnya. Tulis di kolom komentar ya para petualang!

2 Comments
Share
Tags: ,

Arief Hermanto

Mencoba berbagi tentang cerita perjalanannya, merealisasikan banyak rencana yang hanya masih menjadi rencana. Karena hidup itu cuma numpang bercanda, ye kan?